Jumat, 26 Agustus 2016

Cara Mengolah Limbah Cair Sebelum Dibuang ke Laut





Pengolahan limbah cair merupakan suatu proses yang dilakukan pada sisa hasil produksi atau yang dikenal dengan limbah yang berbentuk cair.
Proses ini biasanya dilakukan oleh pabrik yang menghasilkan limbah tersebut. Hal ini dilakukan khususnya pada saat limbah cair akan dibuang ke laut atau sungai sehingga tidak akan merusak atau membahayakan ekosistem di air.
Proses tersebut dilakukan untuk menghilangkan zat – zat berbahaya yang terdapat di dalam limbah tersebut. Limbah cair yang belum diolah dan langsung dibuang ke laut atau sungai dapat menyebabkan pencemaran air.
Untuk menanggulangi pencemaran air, kegiatan pembuangan limbah cair ke laut sungai harus dibatasi atau bahkan ditiadakan.
Limbah cair merupakan limbah yang paling sering dijumpai karena ini adalah limbah yang terkandung dalam air. Limbah ini dapat berasal dari berbagai sumber seperti air buangan rumah tangga, air hujan, air limbah industri, dan berbagai sumber lainnya.
Seluruh air limbah tersebut disalurkan melalui got atau saluran pembuangan air yang dialirkan ke sungai dan berakhir di samudra. Oleh sebab itu, pengolahan limbah seperti ini harus ditangani secara serius agar tidak berdampak buruk bagi biota sungai maupun laut.
Pengolahan Limbah Cair Secara Kimia
Pengolahan limbah secara kimia dilakukan untuk menghilangkan zat dan partikel – partikel yang tidak mudah mengendap, logam – logam berat, zat organik beracun, dan senyawa fosfor.
Proses pengolahan ini dilakukan dengan memberikan zat kimia tertentu ke dalam limbah cair tersebut. Zat kimia ini akan menetralkan air tersebut dan menghancurkan senyawa – senyawa yang berbahaya.
Pengolahan Limbah Cair Secara Fisika
Sebelum melakukan pengolahan limbah cair, dilakukan tindakan pemisahan zat – zat yang terdapat di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk memisahkan bagian limbah cair yang tersuspensi berbagai zat lain yang ukurannya lebih besar. Pengolahan limbah dengan cara fisika dapat dilakukan dengan cara pengendapan atau penyaringan.
Pengolahan Limbah Cair Secara Biologi
Limbah cair yang dapat diolah dengan cara ini adalah yang kondisinya biodegradable. Proses pengolahan ini sebenarnya merupakan proses pengolahan limbah yang paling ekonomis dan efisien. Proses pengolahannya biasanya menggunakan reaktor pengolahan. Reaktor tersebut terdiri dari dua jenis yaitu reaktor pertumbuhan lekat dan reaktor pertumbuhan tersuspensi.
Tahap – Tahap Pengolahan Limbah Cair
Ada beberapa tahap yang dapat dilakukan untuk menangani limbah cair. Tahap – tahap tersebut adalah sebagai berikut:
Preliminary Treatment
Ini adalah tahap awal pengolahan yang bertujuan untuk melindungi alat – alat pada instalasi pengolahan air limbah. Dalam tahap ini dilakukan penyaringan untuk memisahkan air dari partikel – partikel yang berpotensi merusak alat pengolahan limbah seperti plastik, pasir, sampah, kayu, dan benda asing lainnya.
Primary Treatment
Dalam tahap ini dilakukan proses fisika dengan cara pengendapan atau sedimentasi dan flotasi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan partikel – partikel padat organik pada air limbah. Parikel padat nantinya akan mengendap sedangkan partikel minyak dan lemak berada di permukaan.
Secondary Treatment
Untuk menghancurkan materi organik yang masih tersisa pada air limbah, mikroorganisme dimasukkan ke dalam limbah. Mikroorganisme tersebut bertugas untuk menguraikan dan menghancurkan materi organik dalam air. Ada tiga kategori yang dilakukan dalam tahap ini yakni fixed film, lagoon system, dan suspended film.
Final Treatment
Pada tahap ini, perlakuan lebih difokuskan pada cara menghilangkan organisme yang menyebabkan penyakit di air. Pengolahan ini dilakukan dengan cara menambah khlorin atau dengan menggunakan sinar ultra violet.
Advanced Treatment
Tahap ini juga biasa disebut dengan tahap pengolahan limbah cair lanjutan. Pada tahap ini dilakukan pengolahan lanjutan sampai posisi air limbah sudah dianggap aman dibuang ke aliran sungai atau got. Contohnya adalah tahap lanjutan untuk menghilangkan kandungan amonia atau fosfor dari air limbah

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net